Tips Memilih Nama Domain

Home / Tips Memilih Nama Domain

Memilih nama domain kurang lebih sama dengan memilih nama perusahaan. Diperlukan gagasan dan pertimbangan yang tepat untuk memilih nama domain sebagai branding Anda di dunia maya.

  1. Pastikan Mudah untuk Diketik
    Kata-kata yang umum biasanya lebih mudah untuk diketik dan ini mendukung kesuksesan sebuah domain. Hindari menggunakan kata-kata slang yang terdengar sama tapi ternyata sangat berbeda penulisannya (contoh: extra vs xtra).
  2. Lebih Pendek Lebih Baik
    Domain yang panjang dapat menyebabkan salah ketik atau salah ucap. Pilihlah nama domain yang pendek dan simpel.
  3. Gunakan Kata-kata yang Berhubungan
    Anda tidak selalunya harus menggunakan nama perusahaan. Misalkan nama perusahaan Anda PT. Jaya Abadi yang bergerak di bidang perbaikan mobil, bisa saja Anda menggunakan servismobil.co.id.
  4. Gunakan Nama Daerah
    Jika target bisnis Anda adalah lokal sekitar lokasi usaha, sertakan juga nama daerahnya. Misalkan servismobilbekasi.id.
  5. Hindari Angka dan Tanda Minus
    Jika Anda mendengar “lima sekawan dot com” bisa jadi dituliskan menjadi “5sekawan.com” atau “limasekawan.com”. Padahal nama domain Anda adalah “lima-sekawan.com”. Semakin rancu kan?
  6. Mudah Diingat
    Ada ratusan juta domain name di dunia. Memiliki satu domain yang catchy dan mudah diingat menjadi sangat berarti.
  7. Pertimbangan Legal
    Pastikan nama yang Anda daftarkan tidak terdaftar copyright atau trademarknya. Sekedar nama domain tapi bisa runyam jika ternyata nama yang dipilih adalah merk resmi pihak lain karena bisa membawa konsekuensi hukum.
  8. Ekstensi yang Tepat
    Ekstensi adalah akhiran nama domain seperti .ID, .COM, .CO.ID, dll. Penggunaanya biasanya memang disesuaikan dengan bidang bisnis pengguna domain :

    • .COM : umum digunakan untuk apa saja
    • .CO.ID : perusahaan resmi di Indonesia
    • .ORG : organisasi nirlaba
    • .ID : digunakan perusahaan, organisasi, sekolah, pribadi, dll yang mencerminkan ke-Indonesia-an
  9. Lindungi Brand
    Untuk melindungi brand / merk, Anda disarankan untuk mendaftarkan domain yang berkaitan dengan merk dalam berbagai ekstensi. Misalkan merk “minyak kapak”, bisa sebaiknya didaftarkan dalam minyakkapak.com, minyakkapak.net, minyakkapak.co.id, minyakkapak.id. Bahkan juga mendaftarkan “minyak-kapak” atau versi typonya yaitu “minyakapak”.
  10. Bertindak Cepat!
    Nama domain yang menarik dan bagus biasanya terjual dengan cepat. Untungnya nama domain harganya cukup murah sehingga begitu Anda menemukan nama domain yang menarik, bagus, dan relevan dengan bidang usaha, Anda harus cepat-cepat mendaftarkannya sebelum didahului orang lain.

read more

Pengumuman perubahan layanan livechat pada libur lebaran.

Chat With Us