6 Trend Email Marketing di Tahun 2016

6 Trend Email Marketing di Tahun 2016

Apakah anda baru saja memulai bisnis online ? Penting untuk anda membaca artikel ini, agar mendapatkan trafik atau pelanggan yang cukup cepat dan effisien. Kita tahu bahwa salah satu cara yang saat ini populer digunakan adalah social media. Itu benar, tetapi mulailah berfikir out of the box.

Salah satu ilmu marketing yang mulai populer di tahun 2016 adalah news letter atau bisa kita sebuah sebagai email penawarn. News letter sangat penting untuk memperkenalkan produk maupun promosi yang anda tawarkan. Selain itu, mulailan jalin komunikasi yang baik dengan pelanggan anda, agar pelanggan merasa kenal dan nyaman berbelanja atau bertransaksi dengan anda. Ini langkah yang baik dan harus anda coba. Lalu bagaimana cara membuat news letter yang menarik dan apa langkah selanjutnya?

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa anda pelajari, untuk membuat news letter yang menarik dan step berikutnya untuk menjaring banyak pelanggan:

  • Percantik setiap detail news letter

Dengan begitu banyaknya email yang masuk, tidak membuat semua orang memperhatikan email yang anda kirimkan. Hal itu wajar, karena kebanyakan calon pelanggan anda mengira itu adalah email spam yang harus di hapus. Lalu, bagaimana cara agar email anda menarik perhatian calon pelanggan ?

Percantiklah setiap detail email yang anda kirimkan. Buat subject email dengan kalimat yang menarik perhatian. Tidak perlu panjang, lebih baik singkat tetapi mencangkup semua aspek email yang dikirimkan. Selain itu gunakan gambar untuk lebih menarik perhatian. Jangan terlalu banyak penggunaan warna, karena terkesan “murahan” dan asal buat. Gunakan maksimal 3 warna dan pilih yang sesuai thema.

 

  • Responsive Email

Buatlah email yang responsive terhadap device yang pelanggan gunakan. Saat ini sudah tidak sedikit email terkoneksi dengan handphone atau tablet, sehingga lebih baik anda membuat email yang responsive. Selain memudahkan calon pelanggan anda membaca, poin pentingnya email anda tidak langsung dihapus. Mereka cenderung akan melihat isi yang menarik terlebih dahulu. Dengan itu, peluang anda mendapatkan pelanggan lebih besar.

  • Membuat Daftar Prioritas

Membuat email yang menarik bagi pelanggan, tentu itu bukan masalah besar bagi anda. Hal yang perlu anda perhatikan setelah membuat email yang menarik adalah daftar prioritas. Hal ini sangat penting, karena anda harus mempelajari terlebih dahulu calon pelanggan anda. Mempelajari tidak harus detail, tetapi paling tidak anda mengerti background calon pelanggan yang anda targetkan. Contohnya, ketika anda berjualan produk kecantikan, tidak mungkin anda akan memprioritaskan laki-laki kan? Buatlah daftar potensial pelanggan, lalu coba explore kembali dengan email penawaran yang anda kirimkan.

 

  • Buat Lebih Personal

Setelah mengirim email penawaran dan tidak ada respons dari calon pelanggan anda, buatlah sebuah email personal. Yang dimaksudkan dengan email personal adalah email yang dikirim hanya ke pelanggan potensial yang telah anda tentukan sebelumnya. Buat sebuah email khusus yang menerangkan tentang email penawaran anda sebelumnya. Apabila juga tidak ada respons dari calon pelanggan anda, tidak ada salahnya membuka komunikasi dengan telpon.Buatlah calon pelanggan menjadi pelanggan anda, dengan cara memperhatikan mereka lebih dalam. Pelanggan suka diperhatikan !

 

  • Tambahkan konten lain

Dari sudut pandang marketing, pekerjaan belum selesai hingga pelanggan jasa anda dan merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan. Ingat, tujuan marketing ada dua yaitu mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya dan menahan mereka untuk pergi.

Email penawaran yang anda buat wajib menyertakan link keluar. Link ini bisa menuju ke halaman social media atau alamat website anda. Walaupun tidak banyak mereka akan membaca penawaran yang dikirimkan, paling tidak branding mulai berjalan. Branding wajib dilakukan untuk usaha baru, agar banyak orang mengetahui produk anda.

  • Mengirim email via Handphone

Banyak yang masih berfikir bahwa email yang baik harus dikirimkan melalui Laptop atau Desktop. Bukalah jalan anda sendiri, dengan menggunakan teknis lain. Dengan mengirimkan email melalui handphone, anda bisa memantau calon pelanggan anda, selain itu respons yang cepat dan baik akan menentukan nasib usaha anda. Mulailah menjadikan customer sebagai the king of king, agar mereka merasakan pelayanan terbaik dari anda.

Setelah mendapatkan customer yang menganggap pelayanan anda terbaik, maka anda akan mendapatkan customer lain karena promosi gratis dari pelanggan. Sistem “people trust people” akan mulai berjalan dan customer akan menjadi sales terbaik anda.

read more

Leave a Reply

Klik tombol   Livechat untuk ngobrol langsung dengan tim support kami.

Chat With Us