4 Tips Untuk Upgrade Design Website

4 Tips Design

Jika anda pernah belajar seni, tentunya anda memiliki pemahaman yang cukup banyak tentang komposisi warna. Tetapi bagi orang yang belum pernah belajar seni warna, tentu hal ini menjadi sangat sulit dan mungkin bisa dibilang rumit. Dengan menerapkan beberapa aturan dasar seni, anda bisa mendapatkan design website yang lebih menarik.

Jadi, apa itu komposisi warna dan cara implementasi di website ?

Berikut adalah beberapa elemen dasar dalam komposisi warna serta cara untuk implementasi ke situs anda, agar membuatnya lebih dahsyat.

  1. Art Element : Warna 

panduan warna pada website

Interaksi warna pada website anda akan memiliki efek yang kuat, untuk membuat pengunjung kembali lagi. Warna cerah cenderung mengekspresikan emosi dan memberikan energi pada pengungjung website. sementara warna gelap dan omplementer cenderung mengekspresikan harmoni dan santai. Karena itu, pilihlah warna sesuai dengan theme website yang Anda buat.

Untuk toko online, gunakanlah warna-warna yang cerah agar pelanggan anda mendapatkan energi positif dari website dan mereka cenderung akan kembali lagi. Untuk website personal, gunakanlah warna gelap seperti hitam atau abu-abu.

 

2. Gunakan aturan 3 Grid

3 Grid website

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan. Untuk memahaminya, bayangkan 3 bagian dari website anda seperti gambar diatas. Titik-titik persimpangan akan menjadi titik fokus alami mata pengunjung anda. Dengan kata lain, anda harus memahami dan mendesign website sesuai dengan fokus tersebut.

Untuk toko online, pertimbangkanlah titik-titik tersebut dengan tombol pesan, order atau lainnya. News letter bisa ditempatkan pada titik kanan atas atau pojok kanan bawah.

 

3. White Space

halaman putih untuk website

Ingatkah anda nasehat dari orang tua kita dulu yang selalu menyuruh membersihkan kamar? Hal ini berlaku juga di website untuk tampilan yang lebih menarik. Pada dasarnya, design website yang full gambar juga tidak baik untuk tampilan website, karena dari sisi psikologi manusia itu kurang menarik. Mulailah mengurangi gambar yang bertumpuk, sehingga terlihat space pada website anda.

 

4. Visual Hierarchy

visual heirarchy pada website

Banyak penelitian yang telah dilakukan, untuk memahami cara pembaca atau pelanggan melihat sebuah konten website. Jelas terlihat bahwa kebanyakan orang melihat konten dari atas ke bawah dan dari kiri ke kanan, atau kebanyakan orang melihat dengan pola F atau Z.

Dengan penelitian itu, anda bisa mengeksplorasi website agar tampilan lebih menarik. Pada bagian header, gunakanlah font besar dan bold. Gunakan font serta ukuran yang sesuai dengan tata letak pada gambar diatas.

read more

Leave a Reply

Klik tombol   Livechat untuk ngobrol langsung dengan tim support kami.

Chat With Us