Menambahkan Gambar di Website? Anda Harus Tahu Peraturannya

Menambahkan Gambar di Website? Anda Harus Tahu Peraturannya

Sebuah gambar bagaikan memiliki seribu kata untuk menerjemahkan seluruh artikel yang telah dibuat. Kenapa ada umpama seperti itu? Pada dasarnya google akan melakukan crawling juga pada gambar, dengan mengambil alt-text yang ada pada gambar tersebut.

Yang dimaksud dengan Alt-text adalah deskripsi singkat dari sebuah gambar. Alt text tidak ditampilkan langsung di halaman website Anda, melainkan akan tampil pada “backstage” website anda dengan detail meta description gambarnya. Berikut dua alasan kuat terkait Alt text pada gambar:

SEO

Sampai hari ini, search engine belum bisa membaca konten visual, hanya konten textual saja yang masih bisa dibaca secara utuh. Lalu bagaimana Search engine bisa membaca gambar? Mereka memiliki metode sendiri, yaitu dengan membaca Alt-text pada sebuah gambar. Dengan hal ini, Search engine bisa memetakan image apa yang mereka crawl lalu bisa mereka bawa pulang untuk dilaporkan ke Google Panda.

 

Accessible

Kebanyakan visitor hanya melihat gambar sebagai bahan acuan, apa yang dibahas pada artikel tersebut. Dengan hadirnya Alt-text di gambar pada postingan anda, itu akan mempengaruhi search engine untuk menempatkan website Anda, bila keyword yang dimasukkan oleh visitor relevan dengan alt-text gambarnya.

Dari penjelasan diatas, sudah diketahui bahwa tidak ada alasan untuk tidak mengisi alt-text pada gambar. Selain ramah di SEO, alt-text juga membantu visitor untuk menemukan website Anda. Lalu, bagaimana cara menambahkan Alt-text yang benar?

  • Panjang kata : Kami rekomendasikan alt-text tidak lebih dari 15 kata.
  • Relevan : Pilihlah kata-kata yang relevan dengan gambar yang diupload, jangan sampai berbeda. Anda bisa menuliskan apa yang ada di gambar.
  • Kontekstual : Antara gambar dengan konten yang dibuat harus relevan, atau tidak keluar jalur. Jangan sampai anda buat konten Rumah, tetapi yang ditampilkan adalah gambar mobil.
  • Jangan Spamming : Arti spamming yang kami maksud adalah begitu banyaknya anda memasukkan Meta Tag atau keyword dalam gambar. Itu sebenarnya bagus untuk meningkatkan value gambar, tetapi jangan sampai terlalu banyak yang bisa menyebabkan anda dianggap spamming keyword, itu tidak baik untuk SEO.

Semoga penjelasan diatas bisa membantu anda untuk meningkatkan trafik atau visitor melalui gambar website, karena tidak sedikit visitor mengunjungi google image untuk menentukan konten yang mereka cari.

read more

Leave a Reply

Klik tombol   Livechat untuk ngobrol langsung dengan tim support kami.

Chat With Us