Prediksi Web Design 2016

Dalam industri dunia web design, perubahan setiap tahunnya akan terjadi begitu signifikan dan bergerak secara dinamis. Konsep baru, teknik hingga tools terus diperkenalkan. Hal ini tetap menjaga industri web design lebih segar dan inovatif untuk menciptakan karya yang berbeda tetapi memiliki nilai jual tinggi.

Kami ingin memastikan bahwa Anda dapat membuat website profesional yang mudah, tetapi dengan trend baru serta gaya dalam mendesign website, sehingga dapat memastikan bahwa client kami dapat memiliki fitur yang mereka butuhkan.

Sebentar lagi 2016 akan segera tiba, dan tiba saatnya pula kami memprediksi design website yang akan naik daun pada tahun 2016 mendatang.

Prediksi Web Design 2016 - Design page yang baik

Web Design yang Baik

  • Teks Grafis

Penggunaan teks grafis menjadi salah satu poin yang harus Anda maksimalkan dalam web design 2016. Penggunaan teks yang terdiri dari gambar, tekstur dan pola. Typografi selalu menjadi bagian penting dari sebuah web design, tetapi dengan integrasi teks dan element grafis lainnya, hal tersebut akan jauh lebih penting dari keseluruhan tampilan situs.

  • Customer Centric

Ide bahwa web design harus menyesuaikan dengan kebutuhan pelanggan terdengar cukup jelas, akan tetapi para designer lebih memilih untuk mendengarkan tanpa pernah melakukan implementasi apapun di website mereka. Pada dasarnya, ketika design web telah user friendly, para designer tidak perlu memikirkan customer centric. Akan tetapi perlu Anda pikirkan lagi, untuk membayangkan perjalanan pelanggan dalam merayapi situs Anda dengan lebih mudah.

  • Powerful Content

Content is King, itu yang disampaikan Google melalui algoritma-algoritma terbarunya. Sebuah web design yang menarik adalah ketika pada halaman homepage bisa memberikan pesan utama website kita kepada pelanggan. Pesan utama dari website ditempatkan pada tengah layar, yang dikombinasikan dengan grafis serta tekstur yang menciptakan suasana dramatis.

  • Split Content

Layout berpusat pada pesan utama dari website, dipadukan dengan gradasi pewarnaan membuat tampilan terlebih lebih facelift. Tampilan website memang dibagi atas beberapa bagian, akan tetapi pada bagian-bagian yang telah dipecah, dapat dilakukan pengaturan besar-kecil layout sesuai dengan kebutuhan. Hal ini tidak akan berdampak pada kejelasan hierarki konten.

 

Web Design yang Jelek

Salah satu hal yang menjadi perhatian bagi para perancang website adalah Overload, karena banyaknya aplikasi yang terhubung langsung ke website kita. Tentu saja menjadi hal yang menarik, ketika website kita dapat terintegrasi dengan platform yang lain, untuk membuat tampilan website lebih indah. Akan tetapi ketahuilah, bahwa itu pasti memiliki limit tertentu yang bisa membuat website anda overload dan akses ke website menjadi lambat.

Prediksi Web Design 2016 - Design page yang jelek

 

Web Design yang Buruk

  • Scroll terlalu panjang

Hadirnya Facebook menjadi salah satu titik balik web design. Scrolling yang panjang pada halaman home memang trend pada beberapa tahun yang lalu, akan tetapi di tahun 2016 sudah tidak relevan lagi untuk digunakan. Homepage yang menampilkan seluruh informasi website akan berdampak pada ‘ketidakbetahan pelanggan’ untuk segera keluar dari website, karena terlalu lelah menurunkan scroll dan harus membaca satu persatu.

Selain membosankan, tentu saja homepage yang menampilkan seluruh informasinya juga berdampak pada kecepatan akses website, karena hampir seluruh animasi diakses pada halaman yang sama.

  • Hidden Navigation

Salah satu unsur keberhasilan mobile web design di tahun 2015 adalah menu navigasi yang menampilkan satu icon untuk seluruh informasi. Hal ini akan tetap dipandang baik pada sebuah design web yang memang mengandalkan device mobile, akan tetapi jangan pernah menggunakan ini pada Desktop. Salah satu aturan baku dari merancang sebuah web design adalah sebisa mungkin untuk menghindari komplikasi yang tidak perlu.

  • Overlapping Elements

Bagi sebagian designer, kombinasi warna tidak terlalu penting untuk diperhatikan. Kebanyakan dari designer tidak memikirkan, bahwa warna pada gambar dan background bisa saling bertentangan dan itu memerlukan waktu yang lama untuk segera merubah. Tentu saja akhirnya gambar dirubah atau diupdate dengan gambar yang baru. Akan tetapi apakah hal ini akan terjadi terus-menerus ? Selain itu, jangan gunakan terlalu banyak warna untuk menghindari layering berlebihan dan ofensif.

  • Website Intro Page

Designer menghadapi masalah yang cukup serius. Banyak designer yang tidak memahami load page disebuah halaman yang dibuat, terlebih itu adalah Home. Alih-alih mengatasi masalah ini dengan sedikit mengurangi load database maupun grafik, para designer lebih condong menyamarkan masalah dengan menambahkan halaman pengantar pada situs mereka.

Masih berfikir pelanggan akan betah dengan berlama-lama di website Anda dengan load yang berat? Segera rampingkan halaman anda, sehingga pelanggan akan lebih mudah mengakses halaman lainnya.

read more

Leave a Reply

Klik tombol   Livechat untuk ngobrol langsung dengan tim support kami.

Chat With Us