Cara Menulis Judul Artikel Yang Benar Menurut Google

Cara Menulis Judul Artikel

Judul artikel merupakan salah satu hal paling penting dalam SEO (Search Engine Optimizing). Selain menjadi faktor penentu di hadapan Search Engine, judul juga bisa mempengaruhi dalam presentase keberhasilan pada blog anda. Judul harusnya mencangkup semua faktor yang ada di artikel atau produk yang anda tawarkan. Lalu, bagaimana cara membuat judul artikel yang baik ?

Di dunia seo dikenal ada istilah meta title, yang digunakan untuk mempermudah search engine dalam hal penulusuran. Dalam hal ini, judul dan isi artikel harus tersinkronisasi atau judul sesuai dengan artikel yang dibuat. Hal ini jangan dianggap sepele, karena Google sudah sangat pintar untuk mengidentifikasi antara judul dan artikel. Ketika keduanya dianggap tidak sinkron oleh Google, maka sudah dapat dipastikan bahwa artikel yang anda muat tidak akan pernah naik.

Berikut adalah poin-poin penting bagi anda, untuk membuat Judul Artikel yang benar dan di sukai Google.

1. Meta Title

Pada dasarnya, meta title dan meta description tidak terlihat langsung di halaman website, tetapi berada di balik layar dengan mengklik ctrl + u. Meta Title digunakan untuk membantu search engine dalam memetakan artikel yang anda buat. Buat judul yang menarik, tetapi mencangkup semua isi artikel yang anda buat. Jangan pernah buat judul yang menarik, tetapi tidak sinkron antara judul dan isi.

Banyak blogger membuat judul menarik, tetapi isi konten berbeda sama sekali dengan judul. Secara psikologi, hal ini membuat pembaca anda tidak percaya lagi dengan blog atau website yang anda buat.

 

2. Menulis Judul

Dalam menulis judul, gunakan kalimat-kalimat yang menarik. Panjang judul antara 50-55 karakter, sesuai dengan apa yang Google rekomendasikan. Apabila judul lebih dari 60 karakter, biasanya akan terdapat error di peta situs pada Webmaster Tools, yaitu peringatan “long meta title”.

Untuk artikel, gunakan Rumus ini:

Keyword : Short Description : Nama Website >> gunakan pada halaman home untuk konten

Category : Keyword : Nama Website >> Gunakan pada single post

 

3. Google Planner and Hot Trend

Kebanyakan para blogger cenderung membuat artikel bebas, tanpa perencanaan yang matang. Asal posting dan submit artikel sebanyak-banyaknya, selesai. Pola berpikir anda sudah baik, tetapi lebih baik lagi jika anda menentukan ‘jadi diri’ website yang akan dibuat. Buatlah perencanaan melalui Google Keyword Planner dan Google Hot trend.

Pada Google Keyword Planner, risetlah kata kunci terlebih dahulu. Gunakan metode “sedikit musuh, banyak permintaan”. Gunakan keyword turunan, untuk riset lebih lanjut.

Sedangkan untuk Google Hot Trend bisa anda gunakan, untuk membuat artikel yang sedang banyak dibahas akhir-akhir ini. Buatlah judul yang mirip-mirip di google hot trend lalu explorelah di artikel anda.

read more

One Comments

  1. Cara bimbingan says:

    Wah mantap nih buat terapin seo website. Tks hosting id

Leave a Reply

Pengumuman perubahan layanan livechat pada libur lebaran.

Chat With Us